Rabu, 05 September 2018

Terapi Dasar Pelvis

Mengapa Pergi ke Terapi Dasar Pelvis Mengubah Hidup Saya

Ketika terapis saya menekankan fakta bahwa saya menjalani pemeriksaan panggul pertama yang sukses, saya menemukan diri saya tiba-tiba menangis karena bahagia.

Kesehatan dan kebugaran menyentuh kita masing-masing secara berbeda. Ini adalah kisah satu orang.

Pengakuan: Saya tidak pernah berhasil memakai tampon.

Setelah mendapatkan menstruasi saya pada usia 13, saya mencoba memasukkan satu dan itu menghasilkan penembakan tajam, rasa sakit yang memicu air mata. Ibuku bilang jangan khawatir dan coba lagi nanti.

Saya mencoba berkali-kali, tetapi rasa sakitnya selalu tak tertahankan, jadi saya hanya menempel di bantalan.

Beberapa tahun kemudian, dokter perawatan primer saya mencoba melakukan pemeriksaan panggul pada saya. Saat dia mencoba menggunakan spekulum, aku menjerit kesakitan. Bagaimana bisa rasa sakit ini menjadi normal? Apakah ada yang salah dengan saya? Dia meyakinkan saya bahwa itu baik-baik saja dan mengatakan kami akan mencoba lagi dalam beberapa tahun.

    Saya merasa sangat hancur. Saya ingin setidaknya memiliki pilihan seks - untuk memiliki hubungan dengan keintiman fisik.

Traumatized oleh ujian, saya menjadi cemburu ketika teman-teman bisa menggunakan tampon tanpa masalah. Ketika seks memasuki kehidupan mereka, saya menjadi lebih iri.

Saya sengaja menghindari seks dengan cara apa pun yang mungkin. Jika saya berkencan, saya akan memastikan mereka selesai setelah makan malam. Kekhawatiran keintiman fisik mendorong saya memutuskan hubungan potensial karena saya tidak ingin berurusan dengan rasa sakit fisik itu lagi.

Saya merasa sangat hancur. Saya ingin setidaknya memiliki pilihan seks - untuk memiliki hubungan dengan keintiman fisik. Saya mencoba beberapa pemeriksaan pelvis yang tidak berhasil dengan OB-GYNS, tetapi rasa sakit penembakan tajam yang tajam akan kembali setiap kali.

Dokter mengatakan kepada saya tidak ada yang salah secara fisik, dan rasa sakit itu berasal dari kecemasan. Mereka menyarankan saya minum atau minum obat anti-kecemasan sebelum saya mencoba melakukan hubungan.

Stephanie Prendergast, seorang terapis fisik di lantai panggul yang merupakan salah satu pendiri dan direktur klinis LA dari Pusat Kesehatan & Rehabilitasi Panggul, mengatakan bahwa sementara informasi mengenai masalah dasar panggul tidak selalu mudah diakses, dokter dapat menghabiskan waktu online untuk melihat medis jurnal dan belajar tentang berbagai gangguan sehingga mereka dapat mengobati pasiennya dengan lebih baik.

Karena pada akhirnya, kurangnya informasi dapat menyebabkan diagnosis atau perawatan yang salah yang lebih berbahaya daripada baik.

“[Ketika dokter mengatakan] hal-hal seperti itu [disebabkan oleh] kecemasan atau [beri tahu pasien untuk] minum anggur, itu tidak hanya ofensif, tetapi saya juga merasa seperti itu secara profesional berbahaya,” katanya.

Meskipun saya tidak ingin harus diminum setiap kali berhubungan seks, saya memutuskan untuk mengambil nasihat mereka. Jadi pada tahun 2016, setelah malam minum, saya mencoba melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya.

Tentu saja, itu tidak berhasil dan berakhir dengan banyak air mata.

Saya berkata pada diri saya sendiri bahwa banyak orang mengalami rasa sakit saat pertama kalinya mereka berhubungan seks - mungkin rasa sakitnya tidak seburuk itu dan saya baru saja menjadi bayi. Saya hanya perlu menyedotnya dan mengatasinya.

Tetapi saya tidak dapat memaksa diri untuk mencoba lagi. Saya merasa putus asa.

    Christensen membawa ke ruang ujian model panggul dan mulai menunjukkan di mana semua otot dan di mana hal-hal bisa salah.

Beberapa bulan kemudian, saya mulai melihat seorang terapis bicara untuk kecemasan umum. Sementara kami berusaha mengurangi kegelisahan intens saya, bagian dari diri saya yang menginginkan hubungan intim masih menemui jalan buntu. Sebanyak saya berbicara tentang rasa sakit fisik, sepertinya tidak menjadi lebih baik.

Sekitar 8 bulan kemudian, saya bertemu dua wanita muda lainnya yang berjuang dengan nyeri pelvis. Salah satu wanita menyebutkan bahwa dia telah memulai terapi fisik untuk nyeri panggulnya. Saya belum pernah mendengar hal itu, tetapi saya mau mencoba apa pun.

Bertemu dengan orang lain yang mengerti apa yang saya alami membuat saya bertekad untuk mulai fokus dalam menangani masalah ini.
Dua bulan kemudian, saya sedang dalam perjalanan ke sesi pertama saya

Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Saya diberitahu untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan berharap berada di sana selama satu jam lebih sedikit. Kristin Christensen, seorang ahli terapi fisik (PT) yang berspesialisasi dalam gangguan dasar panggul, kemudian membawa saya kembali ke ruang ujian.

Kami menghabiskan 20 menit pertama berbicara tentang sejarah saya. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya ingin memiliki hubungan intim dan pilihan hubungan seksual.

Dia bertanya apakah saya pernah mengalami orgasme dan saya menjawab dengan menggelengkan kepala karena malu. Saya merasa sangat malu. Saya telah memisahkan diri begitu jauh dari bagian tubuh saya sehingga itu bukan bagian dari diri saya lagi.

Christensen membawa ke ruang ujian model panggul dan mulai menunjukkan di mana semua otot dan di mana hal-hal bisa salah. Dia meyakinkan saya bahwa nyeri panggul dan perasaan terputus dari vagina Anda adalah masalah umum di antara wanita, dan saya tidak sendirian.

“Sangat umum bagi wanita untuk merasa terputus dari bagian tubuh ini. Ini adalah area yang sangat pribadi, dan rasa sakit atau disfungsi di wilayah ini tampaknya lebih mudah diabaikan daripada harus ditangani, ”kata Christensen.

“Kebanyakan wanita tidak pernah melihat model lantai panggul atau panggul, dan banyak yang bahkan tidak tahu organ apa yang kita miliki atau di mana mereka berada. Ini benar-benar memalukan karena tubuh wanita luar biasa dan saya pikir untuk memahami masalah sepenuhnya, pasien harus lebih memahami anatomi mereka. ”

Prendergast mengatakan bahwa biasanya ketika orang-orang datang untuk terapi fisik, mereka menggunakan berbagai macam obat yang diresepkan oleh dokter yang berbeda dan bahkan tidak selalu yakin mengapa mereka menggunakan obat-obatan ini.

Karena PT dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasien mereka daripada kebanyakan dokter, mereka dapat melihat perawatan medis masa lalu mereka dan membantu memasangkan mereka dengan penyedia medis yang dapat secara efektif mengelola aspek medis.

Kadang-kadang, sistem panggul otot sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit, Prendergast menunjukkan, tetapi otot-otot hampir selalu terlibat dalam beberapa cara. “Biasanya orang-orang dengan sindrom lantai panggul mendapatkan bantuan dengan terapi fisik dasar panggul karena keterlibatan skeletal otot,” katanya.

    Tujuan kami adalah agar saya menjalani pemeriksaan panggul oleh OB-GYN saya atau dapat mentolerir dilator yang berukuran lebih besar dengan sedikit atau tanpa rasa sakit.

Dalam pertemuan pertama kami, Christensen bertanya kepada saya apakah saya akan baik-baik saja mencoba melakukan pemeriksaan panggul. (Tidak semua wanita melakukan ujian pada pertemuan pertama mereka. Christensen memberitahu saya bahwa beberapa wanita memutuskan untuk menunggu sampai kunjungan kedua, atau bahkan ketiga, atau keempat, untuk melakukan ujian - terutama jika mereka memiliki riwayat trauma atau tidak dipersiapkan secara emosional untuk itu.)

Dia berjanji untuk melambat dan berhenti jika saya merasa terlalu tidak nyaman. Dengan gugup, saya setuju. Jika saya akan menghadapi hal ini secara langsung dan mulai mengobatinya, saya perlu melakukan ini.

Dengan jarinya di dalamku, Christensen menyebutkan bahwa tiga otot dasar panggul di setiap sisi sangat kencang dan tegang ketika dia menyentuh mereka. Saya terlalu kencang dan kesakitan baginya untuk memeriksa otot terdalam (internator obturator). Akhirnya, dia memeriksa untuk melihat apakah saya bisa melakukan Kegel atau mengendurkan otot-otot, dan saya juga tidak bisa melakukannya.

Saya bertanya kepada Christensen apakah ini umum di antara pasien.

“Karena Anda telah memutuskan diri dari area ini, sangat sulit untuk 'menemukan' otot-otot ini untuk melakukan Kegel. Beberapa pasien dengan nyeri panggul akan dapat melakukan Kegel karena mereka secara aktif mengontrak banyak waktu karena takut akan rasa sakit, tetapi banyak yang tidak mampu mendorong, ”katanya.

Sesi diakhiri dengan sarannya, kami memulai dengan rencana perawatan 8 minggu bersama dengan rekomendasi bahwa saya membeli seperangkat dilator online untuk terus mengerjakan hal-hal di rumah.

Tujuan kami adalah agar saya menjalani pemeriksaan panggul oleh OB-GYN saya atau dapat mentolerir dilator yang berukuran lebih besar dengan sedikit atau tanpa rasa sakit. Dan tentu saja, bisa melakukan hubungan seksual dengan sedikit atau tanpa rasa sakit adalah tujuan akhir.

Saya merasa sangat berharap dalam perjalanan pulang. Setelah bertahun-tahun berurusan dengan rasa sakit ini, saya akhirnya berada di jalan menuju pemulihan. Plus, saya benar-benar mempercayai Christensen. Setelah hanya satu sesi, dia membuat saya merasa sangat nyaman.

Saya tidak percaya bahwa mungkin akan tiba saatnya ketika saya bisa memakai tampon.

    Prendergast mengatakan bahwa tidak pernah merupakan ide yang baik untuk mencoba dan mengobati nyeri panggul sendiri karena Anda kadang-kadang bisa membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Dalam sesi terapi bicara saya berikutnya, terapis saya menekankan fakta bahwa saya menjalani ujian panggul pertama yang sukses

Saya bahkan belum memikirkannya sampai saat itu. Tiba-tiba, saya menangis karena bahagia. Saya tidak percaya itu. Saya tidak pernah berpikir ujian panggul yang sukses akan mungkin bagi saya.

Saya sangat senang mengetahui bahwa rasa sakit itu tidak "semua ada di kepala saya."

Itu nyata. Saya tidak hanya sensitif terhadap rasa sakit. Setelah bertahun-tahun dihapus oleh dokter dan mengundurkan diri pada kenyataan bahwa saya tidak akan dapat memiliki hubungan intim yang saya inginkan, rasa sakit saya divalidasi.

Ketika dilator yang direkomendasikan masuk, saya hampir jatuh hanya dengan melihat berbagai ukuran. Yang kecil (sekitar 0,6 inci lebar) tampak sangat bisa dilakukan, tetapi ukuran terbesar (sekitar 1,5 inci lebar) memberi saya begitu banyak kecemasan. Tidak mungkin benda itu masuk ke vagina saya. Nggak.

Seorang teman lain menyebutkan bahwa dia juga ketakutan ketika dia melihat dilatornya setelah memutuskan untuk mencoba dan melanjutkan perawatan sendiri. Dia meletakkan set di rak tertinggi di lemarinya dan menolak untuk melihatnya lagi.

Prendergast mengatakan bahwa tidak pernah merupakan ide yang baik untuk mencoba dan mengobati nyeri panggul sendiri karena Anda kadang-kadang bisa membuat keadaan menjadi lebih buruk. “Kebanyakan wanita tidak tahu cara menggunakan [dilator], dan mereka tidak tahu berapa lama menggunakannya, dan mereka benar-benar tidak memiliki banyak panduan,” katanya.

Ada penyebab yang sangat berbeda untuk nyeri panggul yang menghasilkan rencana perawatan yang sangat berbeda - rencana yang hanya dapat dibantu oleh seorang profesional.

Saya sedang menjalani separuh dari rencana perawatan saya, dan itu merupakan pengalaman yang sangat luar biasa dan sangat terapeutik. Selama 45 menit, PT saya memiliki jari-jarinya di vagina saya sementara kami mendiskusikan liburan kami yang baru-baru ini atau rencana yang akan datang untuk akhir pekan.

4050/5000
Ini adalah hubungan yang intim, dan penting untuk merasa nyaman dengan PT Anda karena Anda berada dalam posisi rentan - baik secara fisik maupun mental. Saya telah belajar untuk melupakan ketidaknyamanan awal itu dan bersyukur bahwa Christensen memiliki kemampuan unik untuk membuat saya merasa rileks saat saya masuk ke ruangan.

Dia juga melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk mengadakan percakapan dengan saya selama perawatan. Selama waktu kami, saya menjadi begitu terlibat dalam percakapan sehingga saya lupa di mana saya berada.

“Saya dengan sengaja mencoba dan mengalihkan perhatian Anda selama perawatan, sehingga Anda tidak terlalu fokus pada rasa sakit perawatan. Lebih jauh lagi, berbicara selama sesi kami terus membangun hubungan yang sangat penting - itu membangun kepercayaan, membuat Anda merasa lebih nyaman, dan juga membuat lebih mungkin bahwa Anda akan kembali untuk kunjungan tindak lanjut Anda sehingga Anda akan menjadi lebih baik, ”dia kata.

Christensen selalu mengakhiri sesi kami dengan memberi tahu saya berapa banyak kemajuan yang saya hasilkan. Dia mendorong saya untuk terus mengerjakan hal-hal di rumah, bahkan jika saya harus melakukannya dengan sangat lambat.

Meskipun kunjungan akan selalu sedikit canggung, sekarang saya memandangnya sebagai waktu penyembuhan dan waktu untuk melihat masa depan.

Hidup penuh dengan momen-momen canggung, dan pengalaman ini mengingatkan saya bahwa saya hanya perlu merangkulnya.
Efek samping emosionalnya juga sangat nyata

Saya sekarang tiba-tiba menjelajahi bagian tubuh saya yang sudah lama saya bungkam, dan rasanya seperti saya menemukan bagian diri saya yang tidak pernah saya ketahui ada. Ini hampir seperti mengalami kebangkitan seksual baru, yang harus saya akui, adalah perasaan yang sangat luar biasa.

Tetapi pada saat yang sama, saya telah mencapai rintangan juga.

Setelah menaklukkan ukuran terkecil, saya menjadi terlalu percaya diri. Christensen telah memperingatkan saya tentang perbedaan ukuran antara dilator pertama dan kedua. Saya merasa seperti saya bisa dengan mudah melakukan lompatan itu, tetapi saya sangat keliru.

Saya menangis kesakitan ketika saya mencoba memasukkan ukuran berikutnya dan menjadi kalah.

Saya sekarang tahu bahwa rasa sakit ini tidak akan diperbaiki dalam semalam, dan itu adalah proses yang lambat dengan banyak pasang surut. Tetapi saya sepenuhnya percaya pada Christensen, dan saya tahu bahwa dia akan selalu berada di sisi saya di jalan menuju pemulihan ini.

Dia akan memastikan saya mencapai tujuan saya, meskipun saya sendiri tidak percaya.

Baik Christensen dan Prendergast mendorong wanita yang mengalami semua jenis rasa sakit selama hubungan seksual atau nyeri panggul pada umumnya untuk melihat terapi fisik sebagai pilihan perawatan.

Banyak wanita - termasuk saya - menemukan PT sendiri setelah bertahun-tahun mencari diagnosis atau pengobatan untuk rasa sakit mereka. Dan pencarian PT yang baik bisa terasa luar biasa.

Bagi orang-orang yang ingin membantu menemukan seseorang, Prendergast merekomendasikan untuk memeriksa American Physical Therapy Association dan International Pelvic Pain Society.

Namun, karena hanya ada beberapa program yang mengajarkan kurikulum terapi fisik dasar panggul, ada berbagai teknik perawatan.
Terapi dasar panggul dapat membantu:

    inkontinensia
    kesulitan dengan kandung kemih atau buang air besar
    seks yang menyakitkan
    sembelit
    nyeri panggul
    endometriosis
    vaginismus
    gejala menopause
    kehamilan dan kesehatan postpartum

“Saya akan merekomendasikan bahwa orang-orang memanggil fasilitas dan mungkin menjadwalkan pertemuan pertama dan melihat bagaimana perasaan Anda tentang hal itu. Saya juga berpikir kelompok pendukung pasien cenderung telah menutup grup Facebook dan mereka dapat merekomendasikan orang-orang di wilayah geografis tertentu. Saya tahu banyak orang menyebut [praktik kami] dan kami mencoba dan membuat mereka berpasangan dengan seseorang yang kami percayai di area mereka, ”kata Prendergast.

Dia menekankan bahwa hanya karena Anda memiliki pengalaman buruk dengan satu PT, itu tidak berarti Anda harus menyerah pada semuanya. Teruslah mencoba penyedia yang berbeda sampai Anda menemukan yang tepat.

Karena sejujurnya, terapi fisik dasar panggul telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik.

Saya telah mulai pergi berkencan tanpa takut akan kemungkinan keintiman fisik di masa depan. Untuk pertama kalinya, saya dapat membayangkan masa depan yang mencakup tampon, pemeriksaan panggul, dan hubungan seksual. Dan rasanya sangat membebaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar